Jumpa Profesi bersama pak pos

SURAT CINTA UNTUK AYAH BUNDA

SURAT CINTA UNTUK AYAH BUNDA

Puncak tema pekan ini yaitu “Alat Komunikasi”. Pada hari Senin, 17 Februari 2020, Siswa-siswi TKIT Baitussalam belajar mengirim surat cinta untuk Ayah Bunda dengan mendatangkan seorang petugas pos dari kantor pos Prambanan Klaten yaitu Bapak Siswanto. Bapak Siswanto berkunjung ke TKIT Baitussalam untuk mengenalkan kepada anak-anak tentang salah satu alat komunikasi yaitu surat. Dalam kegiatan ini, anak-anak belajar tentang  benda-benda pos dan bagaimana caranya mengirim surat.  Mereka sangat antusias menyimak penjelasan  dari  Bapak Siswanto.

Pembelajaran dalam mengirim surat hari ini diantaranya: anak diberi kesempatan untuk menyiapkan isi surat, menempel perangko, dan menyerahkan surat kepada petugas dengan antri, salim, dan dilanjutkan  mengucapkan terimakasih.

http://surat cinta untuk ayah bunda

Selain itu anak juga mendapatkan penjelasan tentang tata cara mengirim surat jika datang ke kantor pos langsung. Alhamdulillah  anak-anak berhasil mengembangkan wawasannya dalam persuratan dan mendapatkan pengalaman baru dalam mengirim surat. Terbukti anak antusias mengikuti tanya jawab dan berani menyampaikan pendapatnya kepada petugas. Dalam tinjauan pendidikan anak usia dini melalui belajar langsung mengenal benda pos ini, anak bisa belajar melalui sosialilasi dari petugas pos yang datang.

Program ini kami harapkan memiliki manfaat lain diantaranya sebagai berikut:

  1. Membaca dapat mengembangkan otak anak sehingga mampu memahami sesuatu dengan cepa, selama enam tahun pertama, biasanya disebut masa golden age. Saat anak diajarkan membaca, koneksi yang ada pada sel otak akan menjadi kuat dan dapat menciptakan koneksi-koneksi baru sehingga proses belajar memiliki pengaruh yang sangat besar, pada keseluruhan fungsi dan perkembangan otak.
  2.  Kemampuan Fisik

Ketika mulai menulis, anak harus memiliki kemampuan untuk menggenggam alat tulis kemudian menggerakkannya. Setelah itu barulah bisa membentuk garis lurus, lekuk, hingga membentuk satu huruf.

“Hal ini penting bagi tahap perkembangannya dalam meningkatkan motorik halusnya. Terlihat dari kemahirannya dalam menuliskan sebuah huruf. Sampai menjadi kata-kata yang utuh dan runtut.

  1. Kemampuan Kognitif

kemampuan kognitif anak bisa meningkat. Hal ini dikarenakan saat menulis, anak belajar untuk lebih konsentrasi  dan  fokus dalam berpikir. Dengan begitu, kemampuan daya ingatnya pun menjadi semakin kuat.

Jika anak-anak sudah terbiasa melakukannya, hal ini tentu saja bermanfaat untuk mengasah kreatifitas anak. Biasanya kan usia anak balita ataupun di atas lima tahun senang sekali berimajinasi dan senang bereksplorasi terhadap hal-hal baru. Jika ia mampu menuangkannya dalam bentuk tulisan atau pun berbentuk gambaran maka kemampuannya dalam berkreasi akan semakin meningkat.

4. Kemampuan Bahasa

Sudah bisa dibayangkan, ya, kalau kosakata yang dimiliki anak-anak sangat terbatas. Lewat pengajaran melalui aktifitas menulis, kemudian didukung dengan kemampuan berpikirnya, kemampuan bahasa anak-anak pun akan semakin baik. “Tadinya mungkin bahasanya cuma sederhana, tetapi lama-kelamaan kosakata yang digunakan akan jadi lebih baik.

Cara mengirim surat yang diajarkan kepada anak menurut sosialisasi dari pak pos , yakni:

  1. Menulis surat terlebih dahulu beserta alamat yang di tuju
  2. Datang ke kantor pos membeli perangko, kemudian perangko di tempel
  3. Masukkan Surat di kotak kantor pos yang tersedia

Semoga dengan kehadiran pak pos tadi menambah wawasan dan pengalaman baru dalam mengirim surat.

http://pauditbaitussalamprambanan

I LOVE YOU AYAH BUNDA

Kalau surat nya sudah sampai dibaca yaaa…

Nasyid : “ Aku tukang pos rajin sekali

Surat ku bawa naik sepeda

Siapa saja aku datangi tidak ku pilih miskin dan kaya

Kring- kring pos “

http://pauditbaitussalamcangkringan

Menempel perangko
Menempel perangko
Menyerahkan surat kepada pak pos
Menyerahkan surat kepada pak pos

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *