menggambar dan mewarnai virus corona

Pembelajaran di rumah masa pandemi covid-19 PAUD IT BAITUSSALAM

Mulai tanggal 15 Maret 2020 Anak-anak PAUD ( TPA-KB-TK ) IT Baitussalam Prambanan belajar di rumah dengan di dampingi orang tua masing-masing.

Keluarga adalah pendidikan yang pertama, dengan adanya musibah covid-19 yang mengharuskan anak belajar di rumah terlepas banyak pihak yang mengeluh dengan tidak terbiasanya proses belajar mengajar yang selama ini terjadi, disisi lain menyadarkan kita bahwa proses pendidikan yang pertama dan utama adalah ada di keluarga, sebagaimana ada sebuah ungkapan bijak menegaskan “Al-ummu madrasatun ūla.” Maknanya ibu adalah sekolahan yang pertama. Dari sejak di rumah lah seorang anak  di didik, di bina, di arahkan, di perhatikan dengan belaian kasih sayang, semua itu adalah bentuk perhatian dan tanggung jawab orang tua.

Saat anak belajar di rumah, tentunya Ustadzah memberikan tugas yang harus dikerjakan anak selama di rumah dengan di damping orang tua masing-masing .

Tugas diantara lain :

  • Form Mutaba’ah Pembiasaan Harian :
  • Mengerjakan Sholat 5 Waktu
  • Akhlaq mulia :
  1. Cuci tangan dengan sabun setelah melakukan aktivitas
  2. Makan sayur dan buah
  3. Memperbanyak minum air putih
  4. Membuang dahak di closet kamar mandi
  5. Membuang sampah pada tempat nya
  • Membantu Orang Tua :
  1. Menyapu kamar
  2. Merapikan selimut
  3. Merapikan mainan
  4. Merapikan sandal dan sepatu
  1. Memperbanyak kegiatan dirumah dan Meminimalisir kunjungan / perjalanan ke luar negeri / luar kota / tempat wisata / mall / pasar / dan tempat keramaian
  2. Anak-anak KB dan TK di pantau ustadzah belajar ngaji dengan metode WAFA, hafalan doa, hadist, surat-surat pendek
  3. Ustadzah memberikan tugas seperti :

menggambar dan mewarnai virus corona

menggambar dan mewarnai virus corona

Menggambar dan menempel gambar pelangi dan awan

menempel tulisan petir

Membuat perahu

menempel pola huruf R

melipat kertas berbentuk katak

  1. Hari Selasa, Ustadzah membagikan video kisah 25 Nabi
  2. Hari Kamis, Ustadzah membagikan video kreasi anak, yang dapat di lakukan anak di rumah
  3. Hari Sabtu pagi, ustadzah membacakan kisah mukjizat Nabi Muhammad SAW

Berikut 4 langkah yang bisa dilakukan orangtua untuk mengedukasi anak tentang wabah virus corona

  1. Apa itu virus corona?

Langkah pertama yang bisa dilakukan orangtua untuk memberikan edukasi tentang virus corona kepada anak-anak ialah mengajak anak berdiskusi santai tentang virus corona.

Tanya anak apakah sudah tahu tentang virus ini dan apa saja yang mereka tahu. Setelahnya beritahu anak asal virus, penyebaran dan apa saja gejalanya.

  1. Corona bisa dicegah dan disembuhkan

Wabah corona telah membuat anak-anak tak bisa ke sekolah, orangtua pun ada yang bekerja dari rumah. Kondisi ini bisa saja membuat anak cemas, belum lagi status corona kini telah menjadi bencana nasional.

Ketimbang memfokuskan pada risiko kematian akibat corona, beri anak pemahaman bahwa virus corona bisa dicegah dan disembuhkan.

Beritahu anak langkah-langkah pencegahan yang bisa ia lakukan agar tidak terkena virus ini, misalnya dengan cara: rutin mencuci tangan dengan sabun, gunakan masker saat sakit dan langkah pencegahan lainnya.

Tegaskan pula bahwa orang yang terkena virus bisa sembuh dan sudah ada buktinya.

  1. Pola hidup sehat

Langkah selanjutnya ialah mengajak anak untuk menerapkan pola hidup sehat. Terapkan pola hidup sehat dengan cara menjaga kebersihan diri dan lingkungan, bahwa pola hidup sehat, daya tahan tubuh dalam melawan virus corona akan lebih kuat.

  1. Manfaat berada di rumah

Bisa dimulai dari mengapa anak harus belajar di rumah bukanya di sekolah dan tidak dulu pergi ke tempat hiburan saat akhir pekan, dengan diberikan pemahaman tentang social distancing.

Pemahaman ini secara bertahap sebelum akhir pekan, sehingga anak sudah lebih siap menjalani akhir pekan di rumah seharian. Orang tua pun punya kesempatan berkolaborasi dengan anak untuk merancang kegiatan bersama-sama.

Hikmah adanya musibah Virus Covid-19 banyak manfaat yang bisa diambil yakni : Menjaga pola hidup sehat, semakin dekat dengan keluarga di rumah, dan semakin mendekatan diri Kepada Alloh SWT.

Teriring Doa, Semoga situasi dan kondisi segera normal kembali.

Sehat selalu untuk kita semua…..Allohumma Aamiin YaaRobbal A’laamiin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *