agenda renang KB-TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN

Asyiknya Berenang

Renang adalah Salah Satu Kegiatan penunjang di KB-TKIT BAITUSSALAM, Kegiatan berenang memang mengasyikkan untuk siswa-siswa karena bermain air berenang sangat menyenangkan dan  tentunya banyak sekali manfaat berenang.  Berenang merupakan olahraga yang di anjurkan oleh Rasulullah SAW sebagaimana Rasulullah bersabda “ Ajarilah anak-anak kalian berkuda, berenang dan memanag.” ( HR. Sahih Bukhari dan Muslim ).Hadist inilah yang mejadi landasan  sehingga kegiatan aysiknya berenang di laksanakan di KB-TKIT BAITUSSALAM setiap 1 bulan sekali. Sebelum pelaksanan kegiatan berenang, dilakukan senam untuk peregangan otot-otot agar tidak terjadi kram saat berenang.

Dalam rangka memberikan pembekalan berenang, kami juga mendatangkan pelatih professional. Dan selama bermain air di kolam, ustadzah tetap memantau anak-anak demi kenyamanan dan keamanan siswa maka ustadzah yang membersamai anak berenang di kolam sedangkan ustadzah yang lain membantu mengkondisikan anak setelah pasca berenang .Manfaat berenang bagi anak usia dini yaitu :

  1. Berenang dapat menigkatkan kecerdasaan anak

Menggerakkan kedua sisi tubuh dengan gerakan yang berpola akan sangat membantu perkembangan otak anak . Gerakan ini mengaktifkan saraf-saraf di otak, terutama pada bagian yang disebut corpus callosum, sebuah daerah di otak yang mengatur komunikasi, umpan balik terhadap rangsang, dan penghantaran rangsang dari satu sisi otak ke sisi yang lain. Pada akhirnya, hal ini akan meningkatkan kemampuan membaca, perkembangan bahasa, pembelajaran akademik, dan kesadaran spasial anak.

Belajar berenang dapat mengurangi risiko tenggelam

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), tenggelam merupakan sebab kematian terbesar pada anak dan balita. Oleh karena itu, latihan berenang sejak dini sangatlah penting. Salah satu latihan keselamatan yang dapat dilatih bahkan pada bayi adalah mengapung dengan bagian punggung di bawah—sebuah teknik bertahan hidup yang sangat berguna.

  1. Berenang dapat meningkatkan kepercayaan pada diri anak

Saat anak berenang bersama teman-teman nya mereka akan berinteraksi dengan teman, guru dan pelatih, dengan ada interaksi tersebut dapat meningkatkan kepercayaan pada diri anak dan sistem saraf anak akan terangsang saat mereka menendang, berseluncur, dan melakukan aktivitas lain.

  1. Berenang dapat meningkatkan kesehatan pada diri anak

Anak yang berenang akan meningkatkan kesehatan pada tubuh anak baik itu pada organ pernafasan dan jantung. Berenang akan membuat anak belajar melatih dan mengatur pernafasan, sehingga paru-parunya kuat dan nafas lebih teratur.http://pauditbaitussalamprambanan

Cara aman mengawasi anak berenang :

Jangan tinggalkan anak sendiri di mana pun, baik itu di kolam renang maupun di kamar mandi .

Segera hampiri anak jika memperlihatkan tanda-tanda ini di air:

  • Kepala lebih rendah dari air, dan mulut berada sebatas dengan air
  • Kepala mendongak ke belakang dan mulut terbuka
  • Tatapan mata kosong atau terpejam
  • Anak bernapas cepat atau bernapas pendek-pendek

Para ahli juga menyarankan untuk tidak membawa bayi di bawah usia 6 bulan masuk ke dalam kolam renang berkaporit, karena kulit mereka yang masih sensitif. Selama ayah bunda tetap memperhatian anak , maka berenang merupakan kegiatan yang relatif aman. Selain memberikan keuntungan bagi anak, berenang juga bermanfaat untuk mempererat hubungan anak dengan teman.

Anak-anak TKIT BAITUSSALAM PRAMBANAN
Asyikknya berenang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *