Bermain di luar kelas

Bermain di sungai

Anak-anak TKIT Baitussalam Prambanan belajar dan bermain di sungai, dalam acara puncak tema air.

Dengan tema air pekan ke-4 Januari 2020, anak-anak belajar  diluar kelas yakni di sungai.

Pembelajaran mengenal warna air, bahaya air,sifat air  dan mencari keong dengan menghitung keong kemudian dimasukan di dalam botol.

Anak-anak bermain di sungai  kecil yang berada di belakang sekolah, dengan didampingi ustadzah kelas  masing-masing.

Dengan mengeksplorasi ke sungai, pelajaran yang bisa diambil adalah :

  1. . Melatih Kemandirian

Saat bermain di luar kelas dapat membantu mereka untuk belajar mandiri saat berinteraksi secara sosial dengan anak-anak lain.

Disamping itu anak dapat mengelolah kemandirian emosinya dengan bermain bersama.

Seringkali peralatan bermain di luar lebih menantang dari pada mainan di dalam ruangan. Ketika anak bermain perosotan misalnya, mereka mungkin sedikit takut untuk merosot turun, mereka belajar untuk berdiri sendiri ketika terjatuh, mereka belajar untuk mengeksplorasi permainan baru dan menjadi percaya diri dalam belajar untuk mencoba hal-hal baru, diantaranya dengan bermain di sungai.

2. Merangsang Kecerdasan Majemuk ( Linguistik, logika matematika, Interpersonal, Intrapersonal, Visual vasial, Natural, Musikal, Kinestetik, Spiritual )

Anak mempunyai kesempatan untuk bermain diluar kelas yaitu di sungai , dengan mencari keong dan menghitungnya, kemudian keong tersebut di masukan di dalam botol.

Bermain di luar juga sangat baik untuk mendorong kreativitas anak-anak. Saat berada di lingkungan luas dan terbuka, imajinasi dan rasa ingin tahu anak-anak akan terangsang oleh benda-benda di sekitar mereka dan mereka dengan cepat meningkatkan kecerdasan majemuk.

Anak-anak dapat mengasah rangsangan pada inderanya secara langsung. Mereka bisa mendengar suara air gemericik, merasakan sensasi dingin dari air, melihat warna bening dari air.

Anak-anak dapat mengetahui bagaimana menjaga lingkungan, dan tidak boleh membuang sampah di sungai yang akan mengakibatkan air sungai berwarna keruh, dan mengakibatkan banjir.

Untuk menjaga kesehatan anak saat bermain di sungai, anak makan terlebih dahulu agar tidak masuk angin, batasi waktu dan tetap pantau anak bermain di sungai, dan setelah bermain di sungai anak-anak mandi dengan air bersih.

Dengan bermain di alam anak akan mengenal Alloh SWT sebagai pencipta, bagaimana Alloh SWT menciptakan sungai, cara menjaga kelestarian lingkungan di sekitar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *