Apa itu Circle Time? – Kegiatan PAUD Unggulan di Jogja

Circle time di PAUD IT Baitussalam - PAUD Unggulan di Jogja

PAUD IT Baitussalam yang merupakan PAUD Unggulan di Jogja pada setiap KBMnya melaksanakan circle time. Circle time merupakan kegiatan yang dilakukan secara berkelompok baik anak maupun guru yang gunanya untuk membangun pemahaman atau konsep yang jelas mengenai suatu materi yang akan diajarkan. Di  sini anak akan merapa senang karena anak akan dapat berbicara, mendengarkan cerita, membaca, menyanyi, dan bergerak secara bebas walaupun masih dalam pengawasan guru. Kemampuan anak dalam beradaptasi dan bersosialisasi akan dapat berkembang disini karena anak akan berkumpul dan membaur menjadi satu dengan teman-temannya.

Kegiatan circle time ini memberikan kebebasan kepada anak sepenuhnya untuk berpendapat dan memilih sesuai keinginannya. Tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah untuk memudahkan anak memahami konsep perlu adanya alat peraga dan contoh konkret. Anak juga bisa memahami konsep dengan memanfaatkan seluruh inderanya, yang didapatkan dari mendengarkan lagu, membaca cerita, menggerakkan badan, dan masih banyak lagi, hal ini sangat penting sekali terutama untuk anak yang berkebutuhan khusus.

Kegiatan circle time seperti di PAUD Unggulan di Jogja yaitu Baitussalam, bisa dilakukan dengan dua cara, yaitu membuat kelompok besar yang isinya semua anak di kelas atau membagi kelas menjadi kelompok kecil yang dalam satu kelompok isinya sebagian anak. Biasanya circle time dilakukan dengan menggunakan karpet atau tikar yang berbentuk persegi dan anak duduk melingkar dengan memberi jarak antara anak satu dengan anak yang lainnya. Kegiatan circle time juga bisa dilakukan oleh anak-anak yang mengalami gangguan perilaku, PDD, autis, keterlambatan perkembangan, gangguan motorik, gangguan pengelihatan, dan masih banyak lagi tetapi masih dengan pengawasan khusus sesuai dengan kebutuhannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*